Prabowo Perkenalkan Kabinet Merah Putih, Tujuh Menteri Koordinator Dipilih 

21 October 2024 | 9
Presiden Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wapres Gibran Rakabuming Raka mengumumkan jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Sebanyak tujuh menteri koordinator (Menko), 41 menteri, dan lima pejabat setingkat menteri masuk dalam Kabinet Merah Putih. ANTARA FOTO/M Adimaja/foc.

Mediajustitia.com – Presiden Prabowo Subianto resmi mengumumkan tujuh nama yang akan menjabat sebagai Menteri Koordinator dalam kabinet barunya yang diberi nama “Kabinet Merah Putih.” Pengumuman tersebut disampaikan pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

Daftar Menteri Koordinator Kabinet Merah Putih:

  1. Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan: Budi Gunawan
  2. Menteri Koordinator Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia, Imigrasi, dan Pemasyarakatan: Yusril Ihza Mahendra
  3. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto
  4. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Pratikno
  5. Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan: Agus Harimurti Yudhoyono
  6. Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat: Abdul Muhaimin Iskandar
  7. Menteri Koordinator Bidang Pangan: Zulkifli Hasan

Sebelum pengumuman ini, Prabowo telah melakukan proses seleksi dengan memanggil lebih dari 100 calon menteri dan wakil menteri. Pertemuan ini dilaksanakan di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin dan Selasa pekan lalu. 

Selain itu, para calon menteri dan wakil menteri juga mengikuti pembekalan yang disebut “Hambalang Retread” di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, pada Kamis dan Jumat sebelumnya. 

Setelah pelantikan kabinet, para menteri dan wakil menteri akan mengikuti pembekalan lanjutan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini direncanakan berlangsung pada 23 sampai 27 Oktober 2024, sebagai bagian dari persiapan mereka dalam menjalankan tugas di Kabinet Merah Putih.

Dengan formasi baru ini, Prabowo berharap kabinetnya dapat bekerja maksimal dalam mewujudkan berbagai program dan agenda pemerintah untuk lima tahun ke depan.

Berita ini telah terbit di detik.com

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...