Prof. Amad Sudiro Nahkoda Baru Untar: Internasionalisasi Menuju World Class University

29 August 2024 | 38
Pelantikan Rektor Untar Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M. (source: tangkapan layar kanal Youtube Untar Jakarta)

MediaJustitia.com: Universitas Tarumanagara resmi memiliki nahkoda baru, Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M. yang baru saja dilantik pada Kamis (29/08/24). Pelantikan tersebut menjadi awal babak baru bagi Universitas Tarumanagara yang sudah berdiri selama 65 tahun.

Pelantikan Prof. Amad Sudiro dilakukan secara langsung oleh Ketua Yayasan Tarumanagara, Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. di auditorium Gedung M, Universitas Tarumanagara.

Dalam sambutannya, Prof. Amad Sudiro mengungkapkan apresiasi kepada Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng., Rektor sebelumnya yang telah menjabat pada tahun 2016-2024. 

“Dampak yang telah diraih pada masa kepemimpinan Rektor sebelumnya adalah modal yang penting untuk berangkat ke kancah internasional. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya saya ucapkan kepada para Rektor sebelum saya,” imbuhnya.

Prof. Ariawan dalam sambutannya banyak menitipkan pesan terkait harapan Yayasan Tarumanagara terhadap gebrakan yang akan dilakukan oleh Prof. Amad.

“Buat masterpiece, pak. Saya yakin Prof. Amad adalah orang yang gigih untuk melakukan itu dan akan terus membuat development dan masterpiece yang hebat. Semoga masterpiece yang dilakukan akan punya dampak tidak hanya bagi Tarumanagara, tapi juga untuk negara Indonesia,” tutup Prof. Ariawan.

Lebih lanjut, Ir. Nanda Widya (Ketua Pembina Untar) meng-highlight agar Prof. Amad Sudiro berfokus dalam menerjemah dan mengadopsi cara mengajar para “Gen Z” yang mulai masuk ke bangku perkuliahan.

Adapun salah satu tagline Prof. Amad Sudiro adalah “internasionalisasi” di mana Beliau berkomitmen untuk mendukung transformasi UNTAR menjadi World Class University (WCU) dengan berfokus pada peningkatan reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio dosen dan mahasiswa, riset dan publikasi, serta memperkuat perspektif internasional. 

Lebih lanjut, Prof. Dr. Amad Sudiro menyampaikan pentingnya sinergi kolaborasi dan jejaring kemitraan strategis dalam merealisasikan transformasi Untar. Untuk itu, Beliau akan memperkuat dan memperluas jejaring kemitraan yang strategis guna mendukung pemberian kontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.

Pelantikan ini disambut antusias oleh seluruh civitas akademika Universitas Tarumanagara. Untar optimis akan menjadi semakin kokoh sebagai salah satu universitas unggulan di Indonesia yang berinovasi dalam pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat, di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Amad Sudiro.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...